Kontribusi Online Learning Dalam Membantu Mahasiswa Memahami Akuntansi

  • Luciana Haryono
  • Arief Fadhilah
  • Daniel Daniel

Abstract

Pembelajaran online menjadi alternatif mode pembelajaran bagi siswa dalam mempelajari akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran online dalam proses pembelajaran akuntansi. Penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi model DeLone dan McLean (2003) dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang diproses oleh STATA versi 14. Responden adalah siswa kelas satu manajemen program sarjana yang mengambil kursus pengantar akuntansi. Kursus ini difasilitasi oleh WileyPLUS, dan sumber belajar online, sebagai bahan pelengkap buku teks akuntansi pengantar, diterbitkan oleh John Wiley and Sons. Penelitian ini menemukan hubungan positif antara kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan dan kepuasan pengguna dan antara kepuasan dan manfaat pengguna. Makalah ini memberikan bukti empiris untuk mendukung pembelajaran online secara efektif membantu siswa mempelajari akuntansi dengan lebih baik. Penyedia pembelajaran online perlu meningkatkan kualitas sistem dan memberikan informasi terbaru. Dosen harus meningkatkan kontribusinya untuk membantu siswa dalam menggunakan pembelajaran online.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-05
How to Cite
HARYONO, Luciana; FADHILAH, Arief; DANIEL, Daniel. Kontribusi Online Learning Dalam Membantu Mahasiswa Memahami Akuntansi. JRB-Jurnal Riset Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 60-67, dec. 2017. ISSN 2598-005X. Available at: <http://jrb.univpancasila.ac.id/index.php/jrbfeb17/article/view/34>. Date accessed: 10 dec. 2019.
Section
Articles